Total Tayangan

Riwayat Prabu Kian Santang Masuk Islam


Riwayat Prabu Kian Santang Masuk Islam
oleh Prabu Kiansantang Gagaklumayung

Saya akan mencoba menceriterakan riwayat singkat pendekar gagak lumayung masuk islam, yang saya dapatkan riwayat ini dari maha guru, hanya mungkin ada sedikit perbedaan dengan yang menuliskan sejarah gagak lumayung sebelumnya.

awal ceritera sama dengan yang lainnya yaitu pendekar gagak lumayung adalah pendekar tiada tanding karena ilmu kanuragannya yang dahsyat.....dan seterusnya2

kata maha guru ....setelah gagak lumayung mendapat berita secara lahir dan bathin perihal ada orang yang akan mengalahkannya pada suatu waktu. betul kata semua penulis sejarah namanya sa syaidina ali di tanah arab.

tidak lama ..kemudian gagak lumayung atau ki an san tang langsung menuju tanah arab.. dengan menggunakan arah kompas bathinnya, kurang lebih 14 hari dan ilmu yang digunakan.. ilmu ngapung ngawang ngawang, nerus bumi dan napak sancang serta ilmu kadigjayaan lainnya.

singkat ceritera..menurut riwayat... bertemulah dengan syaidina ali dan kalahlah gagak lumayung atau kian san tang, dengan kekalahan tersebut maka berhasratlah beliau untuk berguru ke syaidina ali, dan kiansantang gagak lumayung bertanya kepada syaidina ali tentang ilmu apa yang digunakan untuk mengalahkan kesaktiannya, kalau tidak salah syaidina ali menjawab ilmu islam ( aslama )

tentang hasrat kian santang mau berguru ilmu islam.... syaidina ali menjawab kalo tidak salah.. kurang lebih begini ... boleh, tetapi gurunya bukan saya, tetapi syaidina Muhammad ( kalo dilihat dari tahun masehi atau hijriah ini ceretera berjarak jauh... gagak lumayung ...gengan syaidina ali dan kang jeng nabi Muhammad ).

singkat ceritera menurut paparan riwayat dari maha guru... gagak lumayung dipertemukan dengan kangjeng nabi Muhammad, tidak diceriterakan obrolannya.. akhirnya gagak lumayung atau kiansantang di Tiban Dua Kalimah Syahadat Haq.... setelah beberapa hari di Tiban Syahadat, kiansantang berpamitan untuk pulang lagi ke tempat asal yakni tanah jawa pasundaan....namun ketika mau berangkat dengan menggunakan aji nerus mubi, napak sancang dan ngapung ngawang2 serta ilmu lainnya tidak bisa pulang... masuk ketanah tidak bisa, berdiri di air tidak bisa dan juga terbang pun tidak bisa malah beliau lang sung jatuh.... kiansantang bingung, heran...kenapa ilmunya sekarang tidak berfungsi... su"uzon lah kiansantang ..mungkin ilmu islam ini sihir yang menghapus ilmu2nya.

kiansantang bertanya kepada kangjeng nabi dan syaidina ali perihal pengalamannya mau pulang itu... tersenyumlah kangjeng nabi... dan kangjeng mengisyaratkan untuk membaca Dua kalimat syahat dan pejamkan mata... pada hitungan ke tiga..mata kiansantang dibuka dan terheran kian santang karena dirinya sudah berada ditanah kelahirannya.

sadarlah kian santang ... dan yakin sekali bahwa ilmu islam ( aslama ) sangat sakti tiada tanding....sehingga timbul hasrat untuk mengajak orang tuanya memeluk ISLAM ( aslama }... dan ceretera selanjutnya hampir sama dengan penulis lainnya. ...mohon maaf kepada semua penulis sejarah kalau ada sedikit perbedaan....ini saya tulis karena ceritera riwayat guru yang bijak.